Tugas 3 Etika Profesi Akuntansi

Kamis, 06 Januari 2011

Tugas 3 Etika Profesi Akuntansi
Berikan contoh tindakan dari situasi konflik kepentingan antara perusahaan dan karyawan minimal 4 dari 8 kategori yang ada!
1.      Segala kepentingan pribadi yang berhubungan dengan perusahaan:
Contoh tindakan perusahaan dalam menghadapi situasi ini yaitu dengan;
a.      Menghindarkan diri dari situasi serta tindakan yang dapat menimbulkan munculnya benturan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan perusahaan.
b.      Menghormati setiap insan di perusahaan untuk memiliki kegiatan diluar jam kerja yang sah dan bebas dari benturan kepentingan.
c.       Mengungkapkan dan melaporkan setiap kepentingan atau kegiatan diluar pekerjaan dari perusahaan baik itu dari karyawan kepada atasan atau dari direksi kepada pemegang saham.
d.      Menghindarkan diri dari memiliki suatu kepentingan baik keuangan maupun non keuangan pada perusahaan yang merupakan perusahaan pesaing.
2.      Segala penjualan atau pembelian yang menguntungkan pribadi:
Contoh tindakannya;
Seorang karyawan yang bekerja dibagian gudang perusahaan meminta kepada bagian pembelian untuk membeli barang A dengan kualitas 1 tetapi ternyata karyawan di bagian pembelian malah  membeli barang A dengan kualitas yang lebih rendah agar ia mendapatkan keuntungan dari selisaih harga yang ditimbulkan.
Agar tidak terjadi hal demikian perusahaan sebaiknya menggunakan system pengendalian internal terhadap bagian pembelian barang yang dapat meminimalisir  kejadian seperti contoh diatas dapat terjadi.
3.      Segala penggunaan pribadi maupun berbagi informasi rahasia perusahaan demi suatu keuntungan pribadi.
Contoh tindakannya;
Ketika perusahaan akan mengadakan tender, lalu ada salah seorang dari perusahaan lain yang memberikan “amplop’’ terhadap salah seorang karyawan perusahaan yang berwenang agar mendapatkan informasi tentang tender yang akan diadakan, dan akibat dari perbuatan si penerima “amplop’’ tersebut perusahaan lain tersebut menjadi pesaing yang berat bagi perusahaan.
4.      Segala penerimaan keuntungan dari seseorang/organisasi /pihak ketiga yang berhubungan dengan perusahaan.
Contoh tindakannya;
Perusahaan X meminta kepada salah satu karyawan perusahaan A agar ia menyebarkan rumor bahwa perusahaan A telah membuat produk dengan kualitas rendah dan menjual kembali produk yang rusak ke pasar sehingga perusahaan A bercitra negative dimata konsumen, sebagai imbalannya karyawan perusahaan A tersebut akan dipekerjakan di perusahaan X dengan upah yang lebih tinggi dari yang diberikan oleh perusahaan A.



0 komentar:

Posting Komentar