Etika Profesi Administrator

Selasa, 12 Oktober 2010

Etika Administrator
Kode etik seorang sistem administrator secara umum sama seperti kode etik profesi lainnya, karena ketika berhubungan dengan profesi seseorang akan selalu dituntut memiliki responsebility(rasa tanggung jawab) penuh terhadap apa yang ditawarkan, apa yang diberikan kepada user/kantor, meskipun demikian, tidak ada salahnya kita perlu mengetahui ulang kode-kode etik yang berlaku.
Sebagai seorang Sistem Administrator harus komit melakukan/melaksanakan/menggunakan dan setuju untuk mempedomani kode etik ini untuk diri sendiri dengan standar tertinggi etika dan profesional, dan mendorong setiap Sistem Administrator yang untuk melakukan hal yang sama,
 kode etik yang menjadi ikrar bagi seorang administrator yang harus dipatuhi adalah:

Profesional,
  Saya akan tetap menjadi profesional di tempat kerja, dan tidak akan mengizinkan perasaan pribadi atau kepercayaan menyebabkan saya untuk melayani orang-orang secara tidak adil atau unprofessionally(tidak profesional).

Integritas pribadi,
  Saya akan jujur dalam urusan profesionalitas, dan tantangan yg akan datang dan dampak dari kesalahan yang saya lakukan. Saya akan mencari bantuan dari orang lain bila diperlukan.
  Saya akan menghindari konflik kepentingan dan prasangka bila memungkinkan. Ketika nasihat saya dibutuhkan, jika ada konflik kepentingan atau prasangka, saya akan menyatakan dengan pantas/sesuai, dan jika perlu saya akan menjauhkan diri.

Privasi ,
  Saya akan menjaga dan melindungi kerahasiaan informasi apapun yang bisa saya akses tanpa dengan metode apapun yang saya ketahui.
  Saya akan mengakses informasi rahasia pada sistem komputer hanya bila diperlukan dalam pelaksanaan tugas-tugas teknis saya.

Hukum dan Kebijakan ,
  Saya akan mendidik diri sendiri dan orang lain supaya relevan pada undang-undang, peraturan dan kebijakan mengenai kinerja tugas-tugas saya.

Komunikasi ,
  Saya akan berkomunikasi dengan manajemen, pengguna komputer(operator) dan rekan-rekan tentang semua kepentingan bersama yang berkaitan dengan komputer. Saya akan berusaha untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan semua pihak.

Integritas Sistem,
  Saya akan berusaha untuk memastikan integritas yang diperlukan, kehandalan, dan ketersediaan sistem yang saya tanggung.
  Saya akan merancang dan memelihara masing-masing sistem dengan tujuan untuk mendukung sistem organisasi.

Pendidikan ,
  Saya akan terus memperbaharui dan meningkatkan pengetahuan teknis saya dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan keterampilan.
  Saya akan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain.

Tanggung jawab kepada Komunitas Komputasi,
  Saya akan bekerja sama dengan komunitas komputer yang lebih besar untuk mempertahankan integritas jaringan dan sumber daya komputasi yang ada.

Tanggung Jawab Sosial ,
  Sebagai profesional dalam informasi, saya akan giat menulis dan mengadopsi kebijakan yang relevan dan sesuai dengan undang-undang prinsip-prinsip etika ini.

Tanggungjawab etika ,
  Saya akan berusaha untuk membangun dan mempertahankan rasa aman, sehat, dan produktif di tempat kerja.
  Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat keputusan yang konsisten dengan keselamatan, privasi, dan kesejahteraan dari komunitas saya dan publik, dan untuk segera membuka(menyelesaikan) faktor yang dapat menjadikan risiko atau bahaya yang tak terduga.
  Saya akan jujur menerima dan menawarkan kritik pekerjaan secara teknis sebagaimana mestinya dan akan memberi kontribusi yang benar pada orang lain.
  Saya akan memimpin dengan contoh, mempertahankan standar etika yang tinggi dan tingkat profesionalisme kinerja dalam semua tugas-tugas saya. Saya akan mendukung rekan-rekan pekerja dalam mengikuti kode etik ini.


0 komentar:

Posting Komentar