Membangun Kepercayaan Diri

Sabtu, 08 Januari 2011

Cara Membangun Kepercayaan diri


1. Ucapkan hal-hal Ucapkan hal-hal baik pada diri sendiri.
Kamu bisa ubah suara batinmu yang negatif menjadi positif dengan bilang penegasan-penegasan seperti Aku orang yang ok. Aku tetap baik-baik saja, walaupun pernah berbuat salah. Setiap manusia pasti pernah punya salah kan?
2. Gambarkan apa yang kamu inginkan di pikiranmu.
Kamu bisa mengubah gambaran negatif tentang diri kamu menjado positif. Contohnya bayangkan kamu sedang berdiri tegapnya, dirimu menjulang tinggi diatas masalahmu yang tampak sangat mungil. Ambil nafas dalam-dalam, sambil kamu tampilkan dalam benakmu suatu cara yang positif untuk mengatasi masalahmu itu. Yakinkan dirimu bahwa kamu punya potensi yang sangat besar untuk mengatasi situasi sulit yang harus kamu hadapi.
3. Jadikan 8 kunci kepercayaan diri sebagai panduanmu.
Kalau kamu percaya bahwa kamu perlu mendapatkan cinta dan perasaan tentang betapa berharganya kamu dari luar dirimu, kamu harus mengubah kepercaanmu yang palsu itu menjadi aku berharga karena aku ada.
4. Kembangkan dan bagilah bakatmu dengan orang lain.
· Berbaur dan bantulah orang lain : Ikut terlibatlah dengan berbagai aktivitas yang ada dimasyarakat atau di sekolah. Dengan begitu kamu bias lebih mengenali, bahkan mengembangkan potensi dirimu.
· Sebarkan apa yang sudah kamu pelajari.
5. Ciptakan sistem yang mendukung.
Mintalah dukungan dari ornag-orang terdekatmu (keluarga, sobat, dan lain-lain) dengan memberi tahu kepada mereka tentang niat membangun kepercayaan dirimu itu.
6. Tulis diary.
Tuliskan pikiranmu, perasaanmu, dan reaksimu tentang orang-orang atau kejadian.
7. Baca juga buku-buku panduan lain.
Baca buku tentang pengembangan diri, cari ke toko buku atau perpusatakaan.
Sumber : Buku I’m the star & Jurus tampil PD

0 komentar:

Posting Komentar