PUBLIC SPEAKING UNTUK PRESENTASI ILMIAH

Kamis, 06 Januari 2011

PUBLIC SPEAKING UNTUK PRESENTASI ILMIAH

Ketika kita mempresentasikan hasil penelitian ilmiah yang kita buat, ada beberapa hal harus kita perhatikan dan kita amati, yaitu:
ü  Persiapan dan Penguasaan Materi
      Penguasaan materi saat presentasi sangatlah penting, karena ketika kita tidak menguasai materi maka disadari atau tidak, yang  terjadi adalah rasa percaya diri yang kita miliki akan berkurang, dan imbasnya audiens akan merasa bosan karena menurut mereka penyampaian yang kita lakukan kurang baik. Beberapa hal yang harus kita perhatikan saat presentasi ialah:
1.      Penguasaan Pokok Pikiran
Saat melakukan presentasi alangkah baiknya kita menguasai point-point penting penulisan kita. Agar kita dapat menguasainya dengan baik, kita dapat membuat sebuah naskah kecil yang cantik untuk memotivasi kita agar kita dengan senang hati selalu membacanya hingga akhirnya kita dapat menguasai pokok pikiran penulisan kita.
2.      Penjabaran Pokok Pikiran
Setelah pokok presentasi dari penulisan kita telah kita kuasai, langkah selanjutnya ialah menembangkan pokok-pokok yang sudah ada menjadi kalimat yang cantik agar audiens dengan senang hati mendengarkan presentasi yang kita lakukan.
3.      Siapkan Bahan Humor
Yang terakhir, persiapkan humor. Tak jarang orang yang melakukan sedikit lelucon saat presentasi. Ini dilakukan agar presentasi tidak terkesan monoton dan membosankan  dan yang pasti humor merupakan salah satu cara agar suasana saat presentasi tidak kaku. Karena presentasi yang baik ialah presentasi yang didalamnya terjalin komunikasi yang efektif  dan salah satu alatnya ialah humor.
ü  Alat Bantu Presentasi
Alat Bantu presentasi merupakan hal lain yang sangat membantu kita saat melakukan presentasi. Oleh karena itu kita harus memilih alat presentasi yang tepat saat presentasi, karena alat presentasi dapat menghambat jalannya presentasi jika kita tidak mampu mengoprasikan alat presentasi yang kita pilih.
ü  Analisis Bahasa Tubuh
Bahasa tubuh menjadi penting saat mempresentasikan sesuatu karena  bahasa tubuh berimbas pada penyampaian pesan yang akan kita komunikasikan kepada audiens. Bebarapa hal dalam tubuh kita yang harus kita perhaikan saat melakukan presentasi :


a.   Kontak Mata
Agar presentasi dapat dimelai dengan baik, langkah pertama ialah ainkan kontak mata, hal ini bukan berarti kita harus mengedip-ngedipkan mata kepada audiens tetapi kontak mata disini ialah tataplah audiens saat akan memulai presentasi. Tatapan mata ini memberikan arti bahwa kita (sebagai pembicara), berharap semua audiens memperhatikan dan para audiens pun merasakan bahwa kita memberikan perhatian yang sama.
b.  Senyuman
Menurut penelitian, senyuman merupakan salah satu komunikasi efektif, karena lewat senyuman kita dapat mengetahui kita menupakan seorang yang friendly atau tidak, oleh karena itu senyuman dapat mempengaruhi pikiran seseorang tentang diri kita. Maka tersenyumlah kepada audiens, secukupnya, jangan berlebihan. Karena senyum yang berlebih pun akan dinilai tidak baik.
c.   Ekspresi Wajah
          Strategi seseorang untuk menyatakan kesopansantunan seringkali dibangun oleh ekspresi wajah, sama halnya ketika kita akan membeli buku, pasti yang kita lihat terlebih dahulu ialah sampulnya, maka ketika seseorang akan menilai kita, yang terlebih dahulu ia lihat adalah wajah kita.
d.  Gerakan Anggota Tubuh
Gerakan anggota tubuh saat melakukan presentasi sangat membantu pembicara untuk meyakinkan audiens atau memperkuat topic yang akan disampaikan.
ü  Percaya Diri
Dengan memiliki rasa percaya diri , maka seseorang akan mampu menyampaikan pesan-pesan dengan lancar. Untuk menunjukkan rasa percaya diri kita ialah dengan tersenyum dan mulailah berbicara perlahan dan percepat secara bertahap.
ü  Tanggapi Pertanyaan
Ketika audiens mengajukan pertanyakan, jawablah dengan sungguh-sungguh, tunjukkan bahwa kita (pembicara) benar-benar menguasai materi yang kita sampaikan. Dan jawablah dengan bahasa yang formal.

0 komentar:

Posting Komentar