Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Rabu, 24 Maret 2010

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI

Saat ini buanyak sangat orang yang sulit menjaga kesehatan tapi begitu ia sakit, ia pun sulit untuk minum obat, nah, ada cara yang simpel agar kita bisa tetap menjaga kesehatan tanpa harus berbaur dengan obat. Yaitu dengan cara makan berbagai asupan vitamin dan zat dari buah-buah, diantaranya :
 APEL
Apel mengandung vitamin A, B dan C. Kandungan zat pektin dalam apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung. Buah apel mengandung quercitrin dan anti oksidasi flavonoid dalam jumlah besar, dapat melindungi paru-paru dari serangan polusi dan asap, mengekang pertumbuhan sel kanker. Selain itu, apel juga dapat melawan penyakit hati, tumor dan bisa mengurangi nafsu makan yang terlalu besar. Cocok untuk yang sedang diet. Ditambah lagi apel dapat berfungsi membantu pencernaan, menyembuhkan mencret dan memperlancar pembuangan air besar, serta memutihkan dan menghaluskan kulit.




JERUK
Jeruk mengandung anti kanker bagi tubuh, mencegah dan mengobati sariawan, menurunkan resiko terkena kardiovaskuler, kanker, dan katarak. Sari buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selain menstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza.Jeruk lemon mempunyai khasiat menghasilkan cairan tubuh dan menghilangkan haus, dan menghilangkan panas secara pasif. Campuran sari jeruk lemon dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel.




PISANG
Pisang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C. Pisang dapat membantu mengurangi asam lambung, menjaga keseimbangan air dalam tubuhsehingga dapat menghilangkan haus dan membasahi limpa. Pisang juga dapat menanggulangi atau mengobati :  gangguan pada lambung, meredam panas dalam, membuang racun, memperlancar pembuangan kemih,menghilangkan bengkak, penyakit jantung dan stroke, stress, dan menurunkan kadar koleterol dalam darah, serta menurunkan tekanan darah.

  




PEAR

Pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas. Buah pear tidak saja dapat menghentikan batuk, tapi juga berkhasiat menghilangkan haus dan panas demam. 




   




SEMANGKA
Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Semangka juga dapat menghilangkan haus, sumpek dada, memperlancar pembuangan air kemih, juga dapat mengobati radang hati, radang empedu dan radang batu empedu.










 STRAWBERRY
Strawbery dapat mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih, menjadi anti virus dan anti kanker.







  




KELAPA

Meminum air kelapa muda dan memakan dagingnya dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan serta diabetes. Selain itu, minum air kelapa muda dipercaya membuang racun dalam darah. Bagi yang memiliki gangguan tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa.










WORTEL
Beta-carotene  bisa mencegah kanker prostat .










TOMAT
Tomat dapat membantu membersihkan hati dan darah kita, mencegah : gusi berdarah, rabun senja, usus buntu, kanker prostat dan kanker payudara.
Menurut penelitian ditemukan bahwa jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dan dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan.  
KELENGKENG
Buah ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Memakan buah ini secukupnya dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia dan pemutihan rambut dini. Selain itu akan mempercepat kesembuhan luka luar.
ANGGUR
Anggur dapat menyesuaikan keseimbangan cairan dalam tubuh, melenyapkan materi berbahaya, menghilangkan ketegangan dan insomnia, serta mencegah penyakit anemia defisiensi.
KURMA
Kandungan gula kurma yang tinggi membuat kurma menjadi buah yang menghasilkan energi tinggi. Kandungan gula kurma sangat membantu menyembuhkan luka. Tetapi untuk penderita diabetes sebaiknya mengontrol konsumsi buah ini.
LECI
Mengkonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.
NANAS
Enzim bromealin dalam nanas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan sehingga juga dapat menghancurkan bisul bila ada. Nanas juga dapat mengatasi penyakit darah rendah dengan gejala lemasnya kaki dan tangan.

 ALPUKAT
Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi  menjadi sumber energi yang melimpah dan juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.
BELEWAH
Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus.
BELIMBING
Memakan buah belimbing dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Campuran belimbing dan madu juga dapat membantu mencegah dan mengatasi kencing batu.


PEPAYA DAN MANGGA
 Pepaya dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan, membuat lancar saluran pencernaan makanan, sangat baik bagi penderita sembelit. Selain bagus untuk pencernaan, pepaya juga dapat menyembuhkan luka, menghilangkan infeksi dan alergi.
Sedangkan mangga dapat bertindak sebagai disinfektan, membersihkan darah, menanggulangi bau badan, serta menurunkan panas tubuh saat demam. Selain itu, mangga dapat melindungi tubuh kita dari kanker.

Sumber : www.detikhealth.com


0 komentar:

Posting Komentar