Sistem PBB Account Nasional
PBB Sistem Neraca Nasional (sering disingkat sebagai "SNA" atau "UNSNA") adalah sistem standar internasional akun nasional , standar internasional pertama yang diterbitkan pada tahun 1953. [1] Buku Pegangan telah dirilis untuk revisi 1968, 1993 revisi, dan revisi 2008. [2]
Tujuan UNSNA adalah untuk memberikan, piutang terpadu sistem yang lengkap memungkinkan perbandingan internasional dari segala kegiatan ekonomi yang signifikan. saran adalah bahwa masing-masing negara menggunakan UNSNA sebagai panduan dalam membangun sistem akuntansi nasional mereka sendiri, untuk mempromosikan komparatif internasional. Namun, kepatuhan terhadap standar internasional tidak, dan tidak bisa, diberlakukan secara kaku, dan sistem yang digunakan oleh beberapa negara (misalnya, Perancis , Amerika Serikat , dan diperkenalkan ke Tiongkok oleh Fengbo Zhang ) berbeda secara signifikan dari standar. Dalam sendiri ini bukan masalah besar, dengan ketentuan bahwa setiap sistem menyediakan data yang cukup yang dapat dikerjakan ulang untuk mengkompilasi akun nasional sesuai dengan standar PBB.
Publikasi data
Ekonomi dan data keuangan dari negara-negara anggota digunakan untuk mengkompilasi tahunan (dan kadang-kadang triwulan) data pada produk kotor, investasi, transaksi modal, pengeluaran pemerintah dan perdagangan luar negeri. Hasilnya diterbitkan dalam Yearbook PBB, Statistik Neraca Nasional: Tabel Utama Agregat dan rinci, yang saat ini (dan sampai revisi 2008 datang berlaku) mengikuti rekomendasi 1993. [3] Nilai-nilai yang diberikan adalah dalam mata uang nasional.
Selain itu, kantor statistik nasional juga dapat menerbitkan seri SNA-tipe data. Data yang lebih rinci pada tingkat yang lebih rendah agregasi sering tersedia berdasarkan permintaan. Karena nasional rekening data ini sangat rentan terhadap revisi (karena melibatkan jumlah yang sangat besar dari sumber data yang berbeda, entri dan prosedur estimasi berdampak pada total), sering ada perbedaan antara total dikutip untuk periode akuntansi yang sama dalam publikasi yang berbeda diterbitkan dalam berbeda tahun. "angka final pertama" mungkin sebenarnya retrospektif direvisi beberapa kali karena sumber-sumber baru, metode atau perubahan konseptual. Revisi setiap tahun mungkin secara kuantitatif sedikit, namun secara kumulatif di misalnya sepuluh tahun mereka mungkin mengubah tren secara signifikan. Ini adalah sesuatu peneliti harus diingat dalam mencari untuk mendapatkan data yang konsisten ditetapkan.
Kualitas dan kelengkapan data akun nasional berbeda antara negara. Di antara alasan adalah bahwa:
· beberapa pemerintah menginvestasikan uang dalam penelitian statistik
· kegiatan ekonomi di beberapa negara jauh lebih sulit untuk mengukur secara akurat dari pada orang lain (misalnya, buta huruf yang meluas, kurangnya ekonomi tunai, kesulitan akses survei).
· beberapa lembaga statistik memiliki otonomi yang lebih ilmiah dan kebijaksanaan anggaran dari yang lain.
· beberapa negara memiliki tradisi intelektual yang kuat di bidang statistik sosial, yang lainnya tidak.
akun utama dalam sistem
UNSNA termasuk rekening utama sebagai berikut:
· produksi (komponen output bruto)
· distribusi utama rekening penghasilan (pendapatan yang dihasilkan oleh produksi)
· transfer (redistribusi) rekening (termasuk belanja sosial)
· rekening pengeluaran rumah tangga
· rekening modal
· transaksi rekening keuangan
· perubahan nilai aktiva
· aset dan akun kewajiban (neraca)
· transaksi eksternal akun
Akun ini meliputi berbagai lampiran dan sub-rekening, dan standar juga disediakan untuk tabel input-output menunjukkan transaksi antara sektor ekonomi. Hampir semua negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa memberikan penghasilan dan rekening produk, tetapi belum tentu set lengkap akun standar, atau full set data, untuk informasi akuntansi standar yang disediakan.
Perkembangan
UNSNA terus dikembangkan lebih lanjut, dan konferensi internasional rutin diselenggarakan untuk membahas isu-isu konseptual dan berbagai pengukuran.
Beberapa contoh adalah pembangunan akun untuk sumber daya lingkungan, pengukuran perdagangan jasa dan stok modal, perlakuan pembayaran asuransi, perekonomian abu-abu, kompensasi karyawan dalam bentuk opsi saham atau pendapatan non-upah dll
Diskusi dan update dilaporkan dalam SNA Berita & Catatan [1] . Revisi UNSNA didokumentasikan di situs Divisi Statistik PBB [2]
UNSNA Revisi tahun 2008
Untuk tahun 2008 UNSNA Revisi, teks lengkap tersedia online: OECD memberikan beberapa komentar gambaran [4] .
Revisi sistem 1993 dikoordinasikan oleh Kelompok Kerja Intersecretariat Account Nasional (ISWGNA) terdiri dari Divisi Statistik PBB (UNSD), Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia (WB), Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD ), Kantor Statistik Masyarakat Eropa (Eurostat) dan komisi regional PBB.
Kritik UNSNA
UNSNA telah dikritik sebagai bias oleh sosiolog feminis seperti Marilyn Waring [4] dan Maria Mies karena tidak ada imputasi untuk nilai moneter dari pekerjaan rumah tangga yang tidak dibayar atau tidak dibayar untuk tenaga kerja sukarela dibuat dalam rekening, bahkan walaupun akun lakukan termasuk "diperhitungkan sewa nilai-diduduki tempat tinggal pemilik "(the-sewa pasar yang pemilik-penjajah akan menerima jika mereka menyewa keluar rumah yang mereka tempati). Hal ini mengaburkan kenyataan bahwa pasar-produksi bergantung besar di non-pasar tenaga kerja yang dilakukan.
Namun, kritik tersebut menimbulkan beberapa pertanyaan:
· apakah metode standar internasional imputasi untuk nilai jasa tersebut layak;
· apakah imputasi akan mengakibatkan bermakna, langkah-langkah internasional sebanding;
· apakah melampirkan harga tenaga kerja sukarela, dilakukan terutama oleh perempuan, sendiri sebenarnya melakukan fungsi emansipatoris.
Di negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang, statistik telah dalam beberapa tahun terakhir memperkirakan nilai pekerjaan rumah tangga dengan menggunakan data dari survei menggunakan waktu . Prinsip penilaian sering digunakan adalah bahwa dari berapa banyak layanan akan biaya, apakah itu dibeli pada harga pasar, bukannya secara sukarela disediakan.
ekonom Marxis mengkritik konsep UNSNA juga dari perspektif teoretis yang berbeda pada nilai baru ditambahkan atau nilai produk . Pada pandangan ini, perbedaan ditarik UNSNA untuk menentukan pendapatan dari produksi dan pendapatan properti agak berubah-ubah atau eklektik, menghalangi sehingga berbagai komponen dan sumber realisasi nilai surplus , kategori dikatakan didasarkan pada pandangan yang tidak konsisten dari menciptakan nilai baru , nilai dilestarikan, dan nilai ditransfer (lihat juga perhitungan ganda ). Hasilnya adalah bahwa volume keuntungan yang benar adalah meremehkan dalam rekening, dan penghasilan pekerja 'yang berlebihan.
Selain itu, dikatakan agregat UNSNA "kompensasi karyawan" tidak membedakan secara memadai antara sebelum pajak dan setelah pajak penghasilan upah, pendapatan pejabat perusahaan yang lebih tinggi, dan pendapatan ditangguhkan (karyawan dan majikan kontribusi untuk skema asuransi sosial dari berbagai macam ) di sisi lain. Kompensasi karyawan juga dapat mencakup nilai saham-opsi yang diterima sebagai pendapatan oleh pejabat perusahaan. Oleh karena itu, berpendapat, laporan keuangan harus dikumpulkan secara substansial kembali, untuk mendapatkan gambaran yang benar dari pendapatan yang dihasilkan dan didistribusikan dalam perekonomian.
Statistik juga mengkritik validitas perbandingan statistik internasional dengan menggunakan data nasional account, atas dasar bahwa perkiraan ini tidak disusun dengan cara yang seragam. Sebagai contoh, Jochen Hartwig menyediakan bukti yang menunjukkan bahwa "perbedaan dalam tingkat pertumbuhan [PDB riil] antara AS dan Uni Eropa sejak tahun 1997 dapat dijelaskan hampir seluruhnya dalam hal perubahan metode deflasi yang telah diperkenalkan di Amerika Serikat setelah tahun 1997 , tetapi tidak - atau hanya sampai tingkat yang sangat terbatas - di Eropa ".
Catatan
1. ^ United Nations, 1953, A System of National Accounts and Supporting Tables, Studies in Methods, Series F No 2 Rev. 1, New York ^ PBB, 1953, Sistem Akun Nasional dan Tabel Pendukung, Studi dalam Metode, Seri F No 2 Rev 1, New York
2. ^ For a brief historical summary of the revisions, see eg the relevant section in the manuals System of National Accounts 1993 and System of National Accounts 2008 . ^ Untuk rangkuman historis singkat tentang revisi, lihat misalnya bagian yang relevan dalam Sistem manual Neraca Nasional 1993 dan Sistem Neraca Nasional 2008.
4. ^ Waring, M. 1988. Counting for Nothing: What Men Value and What Women are Worth . ^ Waring, M. 1988.. Menghitung untuk Tidak ada: Apa Pria Nilai dan Apa Wanita Worth Reprinted in 1996 by Bridget Williams Books. Dicetak ulang pada tahun 1996 oleh Buku Williams Bridget
0 komentar:
Posting Komentar