Tips Supporter TimNas

Senin, 27 Desember 2010

Tips dan Aturan Suporter Timnas
Menonton sepakbola langsung di stadion dengan saat di televisi sangat berbeda. Ada kelebihan dan kekurangannya yang bervariasi. Saat menjadi suporter langsung di stadion diperlukan tip, etika dan aturan tertentu akan lebih nyaman dan tidak mendapatkan sangsi dari FIFA yang dapat merugikan tim Indonesia
Bila pertandingan tersebut adalah even internasional, maka perilaku penonton dapat mewakili perilaku masyarakat Indonesia di mata Internasional. Penonton yang bersemangata, kreatif dan sportif akan lebih dihargai dibandingkan penonton yang brutal dan anarkis.
Tips Suporter Timnas
1.       Belilah karcis di loket hindari pembelian di calo. Selain lebih mahal juga keasliannya tidak dijamin karena banyak beredar tiket palsu.
2.      Bekali diri dengan kostum timnas, asesoris syal dan asesoris lainnya untuk beradaptasi dengan suporter lainnya
3.      Pergunakan bunyi-bunyian penambah semangat yang tidak mengganggu suporter di sebelahnya seperti terompet , genderang dan sebagainya.
4.      Bawalah jas hujan atau payung yang mudah dibawa untuk persiapan bila hujan datang.
5.      Datanglah 4-5 jam lebih awal apalagi bila membawa mobil, karena untuk mendapatkan tempat parkir sangat sulit. Masuklah lebih awal ke dalam stadion untuk memilih tempat yang paling ideal.
6.      Tempat yang ideal adalah pandangan tidak terhalang pagar dan posisi sudut pandang ke arah lapangan bola yang paling tepat. Jangan mengambil posisi dekat pintu keluar karena bila penonton penuh sering tertutup penonton yang berdiri dekat pintu keluar. Jangan ambil posisi tepat di bawah ujung balkon atas. Seringkali penonton dari balkon atas membuang kencing seenaknya dari atas.
7.      Buanglah air kecil dan air besar terlebih dahulu saat sebelum memasuki stadion. Meski di stadion terdapat toilet, tetapi saat penonton penuh sangat sulit keluar masuk dari tempat duduk dan ke toilet.
8.      Bawalah makanan ringan dan minum seadanya. Jangan bawa minumbotol besar kadang dirazia saat masuk stadion oleh penjaga keamanan
9.      Bila masuk perangkap penonton yang berdesakan dan berhimpitan selamatkan terlebih dulu anak dan wanita. Selamatkan barang berharga anda seperti dompet, jam atau handphone karena di tempat seperti inilah copet lebih sering beraksi.
10.  Sebaiknya tidak membawa perhiasan, barang berharga dan alat elektronik yang sensitif karena beresiko kecopetan atau terbentur saat berdesakan.
11.    Bila bepergian secara berkelompok maka buatlah perjanjian bila terpisah berkumpul di tempat tertentu
12.   Bila ada kerusuhan lempar melempar atau perkelahian jangan ikut melihat atau ikut terlibat. Segera jauhi dan selamatkan diri anda karena seringkali penonton yang tidak terlibat juga terkena lemparan. Tetapi biasanya saat pertandingan timnas kejadian seperti ini jarang terjadi.
Etika dan Aturan Umum Suporter Timnas
1.       Jangan merokok di dalam stadion. Merokok di sekitar orang sehat akan mengganggu kesehatan merokok. Merokok pasif sama berbahaya dengan perokok aktif
2.      Jangan sekali-sekali membawa petasan, kembang api atau senjata tajam untuk kepentingan apapun. Penggunaan kembang api dan petasan bila dilakukan akan mendapat teguran dari FIFA yang berakibat sangsi peringatan tidak boleh menjadi tuian rumah acara pertandingan FIFA.
3.      Sebaiknya bila membawa terompet gas yang memekakkan telinga jangan dibunyikan di dekat telinga orang sebelah anda arahkan ke atas kepala lebih tinggi. Sebaiknya anda mempersiapkan penutup telinga bila di sekitar anda banyak menggunakan terompet yang berbunyi sangat keras.
4.      Berilah suport kepada timnas dengan gerakan dan terikan yang sopan. Jangan sekalipun meneriakkan kata kotor dan umpatan kepada tim lawan.
5.      Dalam keadaan apapun dan alasan apapun jangan sekali-sekali melakukan lemparan benda apapun terhadap pemain, pihak keamanan dan penonton lainnya. FIFA akan memberi sangsi tegas kepada penyelenggara bila hal ini terjadi.
6.      Buanglah sampah bekas makanan atau minuman ke tempat sampah yang telkah disediakan.
7.      Jangan merusak, mencopot atau bahkan bakar membakar berbagai sarana yang ada dalam stadion.


0 komentar:

Posting Komentar